Service Lemari Es


    INSTRUKTUR REPARASI
  • Pertama-tama kita berdo'a semoga diberikan kelancaran dlm bekerja agar hasilnya memuaskah dan mendapatkan berkah tentunya .
  • Persiapkan peralatan reparasi sesuai kebutuhan apa yg dikerjakan tentunya klo service lemari es seperti ; tang amper , vaccum , avometer , obeng dan temen- temennya itu semua wajib kita bawa didalam tas kerja , selain itu jg gas preon dan seperangkat las jangan dilupakan .
  • Sebelum kita bekerja sebaiknya minta imformasi dulu dari keluhan konsumen supaya kita bisa episiensi waktu dan tenaga , serta bisa mempersiapkan spare part yg mungkin hrs diganti.
  • Nah itulah barang kali persiapan wajib sebelum bekerja untuk kita semua para teknisi..saya senang utk berbagi pengalaman , tentu-nya para sobat adalah tekhnisi handal ..mari kita berbagi pengalaman...πŸ™πŸ™
Sistim kerja lemari es 
°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°
Lemari es ( refrigerator) dimulai dari bagian kompresor sebagai jantungnya lemari es yang berfungsi sebagai tenaga penggerak . Pada saat dialiri listrik motor kompresor akan berputar dan memberikan tekanan pada bahan pendingin ( refrigerant ) . Bahan pendingin yang berujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yg bertekanan dan bersuhu tinggi . Dengan wujud seperti itu , memungkinkan refrigerant mengalir menuju kondensor . Pada saat mengalir didalam kondesor , maka refrigeran tsb akan diubah wujudnya menjadi gas cair yang memiliki suhu sangat rendah  dan tetap memiliki tekanan yang tinggi . Aliran gas cair akan membuat suhu ruang menjadi bersuhu rendah dan akhirnya mencapai suhu kondensasi .

Pada titik kondensasi , gas tersebut akan mengembun dan kembali menjadi wujud cair . Refrigerant cair bertekanan tinggi akan terdorong menuju pipa kapiler yang memiliki lubang yang sangat kecil dan halus . Dengan begitu refrigerant yang berwujud cair dan bertekanan tinggi akan naik ke evapulator akibat tekanan kapilaritas yang dimiliki pipa kapiler
Sebelum ke evapurator , gas tsb terlebih dahulu melewati filter yang berfungsi menyaring kotoran atau karat pipa yang kemungkinan terbawa oleh aliran refrigerant . Dengan demikian , refrigerant yang akan masuk kedalam evapurator harus benar- benar bersih .
Pada saat berada di dalam evapurator , refrigerant cair akan menguap dan wujudnya kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat rendah . Penguapan ini terjadi karena adanya penyerapan panas ( kalor) dari ruang evapurator . Akibatnya udara yang terjebak diantara evapurator menjadi bersuhu rendah dan akhirnya terkondenisasi menjadi wujud cair . Pada kondisi terus berulang memungkinkan udara tersebut membeku menjadi butiran-   es . Hal itu jg terjadi pada benda atau air yang sengaja diletakan di evapurator .Aliran refrigerant yang berujud gas dingin yang bertekanan rendah akan meninggalkan evapulator  mendorong menuju kompresor  .
Proses ini trus- menerus berputar dan berulang- ulang . Dalam kondisi normal dan tidak ada kebocoran , refrigerant akan terus mengalir dalam sistim dan tidak akan pernah habis . Yang  habis malah uang kita πŸ˜‚πŸ˜‚karena sepi orderan hehehe .. maaf ngelantur sedikit jgn terllu seriuss ...cepeet tua klo kata orang...,πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€.mungkin untuk lebih jelasnya kita terjun tempur dilapangan ..sampai jumpa lagi dilain kesempatan ....untuk para master mohon maaf πŸ™πŸ™ bantu saran dan kritiknya...trima -kasih,...
Klik ressic service

Tidak ada komentar: